Jogja Membaca 4




JM 4.....
Fhoto bersama Wakil Walikota, Kepala BPAD, dan Ketua Panitia JM4



Jogja Membaca 4 merupakan salah satu kegiatan tahunan ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan khususnya dikoordinatori oleh Divisi Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat. Namun dalam implementasinya semua divisi ikut andil dalam kegiatan ini. Jogja Membaca tahun 2014 ini merupakan kegiatan Jogja Membaca yang ke-4 sehingga disebut “Jogja Membaca 4” dan bertepatan pada 20 Desember 2014 di Titik Nol KM, Malioboro, Yogyakarta. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 14.00 WIB.
Puisi & Menyanyi "Indonesia Pusaka"
Acara ini dibuka dengan sambutan-sambutan dari Kepala BPAD Yogyakarta (Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah), Wakil Walikota Yogyakarta, saudara Habib Abidullah selaku ketua umum ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan, dan saudara Wahyudin Rizal selaku ketua panitia dalam kegiatan Jogja Membaca 4. Setelah itu acara berlanjut pada sesi Orasi Baca dan Pembacaan Puisi yang diwakili oleh setiap divisi. Kebetulan saya berkesempatan menjadi salah satu perwakilan dari Divisi Pers dalam pembacaan puisi. Puisi yang say abaca adalah karya KH. Musthafa Bisri (Gus Mus) yang kemudian saya adaptasi sehingga liriknya ada yang berbeda. Dan diakhir puisi saya tutup dengan lagu Indonesia Pusaka.
Dua pengunjung cilik di JM4
Kegiatan berlanjut mengajak masyarakat Jogja untuk membaca buku yang sudah disediakan. Ada beberapa rak buku. Satu rak buku yang besar untuk dibaca dan tiga rak buku yang sedang merupakan koleksi yang boleh dibawa pulang oleh pembaca. Yah, ini adalah salah satu kegiatan Books giving party kepada masyarakat Jogja. Saya ingat sekali, kalau Jogja Membaca tahun lalu itu saya bertemu dengan dua anak kecil yang selain sekolah mereka juga bekerja sebagai pengamen cilik. Namun ternyata mereka sangat suka membaca, sehingga waktu itu saya arahkan mereka untuk memilih buku anak-anak yang mereka suka untuk mereka bawa pulang. Senang sekali melihat rona bahagia terpancar dari wajah mereka. Nah, ternyata di tahun ini  saya juga bertemu dua anak kecil yang juga masih sekolah SD. Mereka suka membaca dan sering berkunjung ke perpustakaan. Sama seperti tahun lalu, mereka memilih buku anak yang mereka sukai untuk dibawa pulang. Mereka memilih buku cerita anak berbahasa inggris. Wow, keren dek :D Setelah itu mereka berfhoto ria di Photoboth. Namun mereka malu-malu jika hanya berdua, lantas saya temani mereka berfhoto sambil menampakkan buku yang mereka pilih. Jepret :D
Di penghujung acara rintik hujan mengguyur kota Jogja. Sebelum itu kami makan siang dulu dan diakhiri dengan makan buah serta berfhoto ria bareng semua anggota ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan para Demisioner yang hadir. Setelah itu, kami pun berkemas-kemas membereskan semuanya. Dan bergegas pulang.

Gallery : 


Komentar

  1. Aku nggak sampai selesai waktu kesini haaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantas mas, ga sempat liat. Tapi keren tetap nulis tentang JM4 juga :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Untukmu Lelaki Hebatku, Terimakasih untuk Semua Rasa Cemburu yang Kau Berikan.

Grojokan Sewu: Tawangmangu

Kembali ke Blitar; Aku Datang….